M BLOC: Dulu Pabrik Duit Kini Tempat Nongkrong Ngehits

Mungkin banyak kalangan masyarakat, abai terhadap bangunan kuno. Lebih-lebih lagi  bangunan tersebut merupakan sebuah pabrik yang tak digunakan lagi. Pasti yang tergambar di pikiran adalah kesan kotor, kusam, angker...bla...bla...bla...

Akan tetapi, apa jadinya bila bekas bangunan pabrik disulap jadi tempat nongkrong buat kawula muda maupun tua.

****

Metamofosis Peruri atau sebelumnya dikenal sebagai Percetakan Kebayoran, telah menjadi tempat nongkrong favorit bagi anak muda di Jakarta. Dulu dikenal sebagai kawasan atau komplek percetakan, baik pabrik, perkantoran, maupun tempat hunian karyawan. Kini bangunan-bangunan tersebut telah bertransformasi menjadi pusat gaya hidup yang menarik bagi generasi muda. Dengan adanya kafe, restoran, toko, dan ruang kreatif, Peruri menawarkan tempat yang nyaman untuk berkumpul, berkreasi, dan bersosialisasi bagi para pengunjung yang mencari pengalaman urban yang unik.

Adalah M Bloc, ruang kreatif publik yang menjelma sebagai tempat berkumpulnya beragam komunitas kreatif di Selatan Jakarta. Huruf “M” pada penamaan M Bloc, dapat diartikan pada beragam perihal seperti, Music, Meetings, Makers, Meals, Millenials, Market, Message, Mission, Mutual, Movement, Movies, Melawai, Money. Sedangkan kata Bloc, bisa bermakna grup atau kelompok budaya kreatif beserta dengan ragam gaya hidupnya.


(M Bloc di Kawasan Blok M, Kebayoran Baru)


****

Di Kawasan Blok M, tepatnya di Jalan Falatehan II, Kebayoran Baru, berdiri sebuah komplek bangunan yang dikenal sebagai Peruri atau Percetakan Uang Republik Indonesia. Peruri adalah badan usaha milik negara, yang merupakan hasil peleburan atau merger antara Perusahaan Negara Arta Yasa dengan Perusahaan Negara Percetakan Kebayoran. P.N Arta Yasa memproduksi atau mencetak uang logam, sedangkan P.N Percetakan Kebayoran mencetak uang kertas.

Pada tanggal 11 Desember 1951 telah dibuat kesepakatan antara pemerintah Republik Indonesia dengan Perusahaan percetakan dari Belanda, yakni Johan Enschede en Zonen Grafische Inrichting N.V, di kota Haarlem Belanda. Dalam kesepakatan tersebut dibuat persetujuan untuk membuat pabrik uang kertas, materai, perangko serta surat-surat berharga dari pemerintah Indonesia. Persetujuan itu juga menentukan bahwa untuk masa 10 tahun pertama, pimpinan perusahaan percetakan akan dijalankan oleh pihak Johan Enschede en Zonen Grafische Inrichting N.V. Selain itu pula, menunjuk dua orang direktur, yaitu seorang atas penunjukan oleh pihak pemerintah Indonesia, dan seorang lagi dari pihak Johan Enschede.

Pihak perusahaan Johan Enschede en Zonen juga telah menyanggupi akan mendidik dan melatih staf personal juga pekerja percetakan dari Indonesia ke negeri Belanda.

Setelah melakukan survei lokasi di daerah Bandung, maka melalui berbagai pertimbangan, selanjutnya daerah yang dipilih adalah di Jakarta, tepatnya Kebayoran. Melalui upacara pencangkulan pertama oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan pada 8 Juli 1952, dimulailah pembangunan komplek percetakan Kebayoran.


(Upacara Pencangkulan Pertama Pembangunan Komplek Percetakan Kebayoran 1952, Merdeka)

 

Rancangan gedung-gedung di kompleks percetakan Kebayoran ini dilakukan oleh arsitek K. Mekkel dari Biro Arsitek Fermont-Cuypers. Adapun Perusahaan Nederlandsche Aannemings Maatschappij (Nedam), bertindak sebagai pihak yang mengerjakan pembangunannya.

Bangunan di komplek tersebut selain untuk produksi atau pabrik, juga digunakan sebagai kantor. Bukan itu saja, di komplek ini dibangun pula perumahan untuk para karyawan dan pekerjanya.

 

(Komplek Percetakan Kebayoran Selesai Dibangun 1955)

Pada akhir Maret 1955, komplek percetakan Kebayoran yang dianggap sebagai salah satu pabrik percetakan uang terbesar dan termodern di dunia pada saat itu, diresmikan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Dalam sambutannya tersebut Bung Hatta menyatakan, bahwa dari sudut pandang industrialisasi, perusahaan ini merupakan asset besar bagi negara; dengan mencetak uang kertas kita disini, pemalsuan bisa ditekan seminimal mungkin karena teknik cetak di percetakan ini sangat bagus. Ini akan menguntungkan keamanan negara.

Komentar

Postingan Populer