ZWEMBAD MANGGARAI JAKARTA SELATAN: Dahulu Tempat Berenang Kini Tempat Belanja


Seperti suasana pada umumnya terminal bis di kota Jakarta yang selalu ramai. Lokasi terminal yang terdapat di daerah Manggarai, Jakarta Selatan juga sama keadaannya. Lalu lalang berbagai jenis kendaraan bermotor. Hilir mudik orang-orang yang mempunyai aktivitasnya masing-masing. Ada yang bekerja, berniaga, sekolah. Selain juga ada yang berbelanja atau sekadar jalan-jalan di Pasaraya Manggarai yang berdiri cukup megah di sekitar lokasi ini.

Tahu kah Anda, bahwa di lokasi yang sekarang berdiri bangunan perbelanjaan yang dikenal dengan Pasaraya Manggarai itu, dahulunya merupakan tempat pemandian atau kolam renang. Orang tempo doeloe  biasanya menyebut kolam renang dengan zwembad.

***

Pada bulan Maret tahun 1934 resmi dibuka sebuah kolam renang yang diperuntukan penggunaannya untuk kalangan umum di Manggarai, Jakarta Selatan. Kolam renang yang dibangun di daerah Manggarai merupakan yang terbaik dan modern saat itu. Pada komplek pemandian atau kolam renang ini terdapat berbagai fasilitas lengkap yang bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar, utamanya bagi orang-orang yang hobby berenang.

Proses pengerjaan seluruh komplek bangunan pemandian atau kolam renang  memakan waktu selama hampir 7 bulan. Sebagai tempat pemandian yang terbaik dan mewah, tampaknya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Total biaya untuk membangun kolam renang beserta seluruh fasilitas lengkapnya menghabiskan dana yang jumlahnya ditaksir mencapai 100.000 gulden. 

(Kolam Renang Manggarai Dilihat dari Udara, Sumber: Local Techniek No.5 Tahun 1934)

Gambaran mengenai keadaan serta fasilitas yang terdapat pada komplek pemandian atau kolam renang tersebut adalah sebagai berikut.

Pada bagian depan terdapat kantor pengelola kolam renang, tempat penyimpanan alat-alat dan pakaian renang serta fasilitas parkir sepeda buat pengunjung. Selain itu juga di bagian depan komplek pemandian ini disediakan kios-kios yang menjual makanan dan minuman. Lengkap dengan kursi-kursinya buat para pengunjung bersantai. Pada akhir pekan biasanya kios-kios makanan dan minuman ini tetap buka hingga malam hari. Di tempat ini biasanya dipergunakan orang-orang untuk mengadakan acara pesta dansa.

Bak atau kolam tempat berenang untuk anak-anak dan dewasa dibuat berbeda. Baik ukuran luas dan juga kedalaman kolam. Sebagai lokasi untuk berenang anak-anak, bak atau kolam mempunyai kedalaman yang berbeda yakni 40 cm yang terdangkal serta 130 cm yang terdalam.  Adapun luasnya kolam sekitar 100 meter persegi.

Kolam untuk orang dewasa memiliki luas sekitar 1000 meter persegi. Kedalaman kolam berbeda pula, yang paling dangkal 115 cm sedangkan yang paling dalam 315 meter. Di kolam untuk orang dewasa ini biasanya dipergunakan pula untuk tempat perlombaan renang pada masa itu. Untuk memenuhi kegiatan lomba renang, di dasar kolam dibuat tanda-tanda lajur yang terbuat dari ubin hitam dan dapat dilihat dari dalam air. Di sisi kanan dan kiri kolam dipasangi lampu-lampu penerangan yang masing-masing memiliki kekuatan 200 watt.

(Suasana Pengunjung sedang Berenang di Kolam Renang Manggarai, Sumber: Local Techniek No.5 Tahun 1934)

Pada sisi bagian timur kolam renang orang dewasa dibangun pula sebuah tribun penonton. Di tribun ini terdapat bangku-bangku kayu yang dibuat memanjang lengkap dengan atap yang dapat melindungi penonton dari panas dan hujan. Daya tampung tribun tersebut dapat memuat lebih dari 600 orang penonton. Selain itu pula di sisi barat kolam orang dewasa terdapat 200 loker tempat menyimpan pakaian. Di tengah-tengah deretan loker ada fasilitas kamar mandi tempat bilas para pengunjung sehabis berenang, lengkap pula dengan pancuran-pancuran airnya.

Pasokan air untuk memenuhi kolam-kolam yang terdapat di komplek bangunan pemandian ini, dibuat 2 buah sumur bor. Masing-masing sumur bor mempunyai kedalaman 67 meter dan 97 meter. Air diambil melalui sumur tersebut dengan menggunakan mesin pompa impor keluaran pabrik Weise & SÓ§hne. Untuk menjamin kebersihan air dari sumur, diberikan obat seperti ammoniumchloride. Selain itu diberikan pula obat kopersulfaat dan kaporit untuk mencegah lumut yang diakibatkan oleh air hujan.

Komentar

Postingan Populer