8 Nama Kelurahan dari Kebun Tanaman

 

Apakah Anda dapat menyebutkan. Ada berapa wilayah atau daerah administratif di Jakarta yang namanya memakai sebutan atau kata Kebon berikut nama tanaman di belakangnya?  

Di Provinsi DKI Jakarta terdapat delapan kelurahan yang ditandai dengan kata Kebon di depan penamaannya, berikut nama jenis tanamannya. Tersebutlah nama-nama kelurahan seperti Kebon Kelapa, Kebon Sirih, Kebon Melati, Kebon Kacang, Kebon Jeruk, Kebon Pala, Kebon Manggis, dan Kebon Bawang.

****

Behind a name is a long history of human settlement demikian kalimat bagi orang yang ingin mengkaji lebih lanjut tentang asal usul sebuah nama tempat alias toponimi. Ada riwayat atau cerita dibalik setiap nama tempat pemukiman. Begitu pun dengan nama-nama tempat bermukim seperti kampung atau kelurahan, yang dari penamaannya tersirat adanya aktivitas perkebunan tanaman, misalnya.

Sebagai mahluk berbudaya acapkali manusia  memberi nama tempat atau tempat dimana mereka bermukim. Nama-nama georafis berupa gunung, sungai, bukit, bahkan nama desa tempat tinggalnya diberi nama untuk acuan masyarakat. Secara sederhana dapatlah dinyatakan bahwasanya tak ada nama geografis atau nama tempat bermukim yang tidak mempunyai arti.

****

Kembali ke soal nama daerah atau wilayah kelurahan yang disinggung pada awal tulisan di atas. Penamaannya menggunakan dua kata, yakni kata kebon berikut nama tumbuhan atau tanaman dibelakangnya.

Kata kebon atau kebun mengacu pada suatu lahan atau area tertentu. Pada umumnya penduduk asli Jakarta menyebutnya dengan kebon. Secara garis besar pengertian kebon mengacu pada suatu lahan yang mendapat perlakuan tersendiri oleh manusia, khususnya sebagai tempat tumbuh tanaman. Bukan hanya itu, lahan yang berada di sekitar pemukiman dan ditumbuhi tanaman liar pun bisa saja disebut dengan kebon. Orang biasanya menyebut dengan istilah kebon kosong. 

Dalam dunia flora dikenal adanya perbedaan antara tumbuhan dengan tanaman. Tumbuhan adalah flora yang bersemi dan berkembang melalui cara alamiah atau tumbuh dengan sendiri di habitatnya. Adapun tanaman merupakan flora yang bersemi serta berkembang melalui campur tangan manusia. Hal ini dilatarbelakangi oleh manfaat yang dapat diambil dari tanaman. Dengan kata lain, istilah tanaman mengacu pada usaha pembudidayaan di lahan atau pun media tertentu.

Dari uraian di atas dapatlah disimpulkan bahwasanya pada wilayah-wilayah tertentu di Jakarta telah ada aktivitas budidaya pada jenis-jenis tanaman tertentu. Bisa dipastikan jika tanaman seperti kelapa, sirih, melati, kacang, jeruk, pala, manggis, serta bawang dibudidayakan oleh penduduk karena memiliki nilai ekonomis.

****

Nama Daerah Kebon Manggis (Sumber: Platte Grond van Batavia 1906)



Lalu sejak kapan jenis-jenis tanaman tersebut dibudidayakan. Dalam beberapa sumber tertulis masa lalu berupa peta atau buku, terdapat beberapa nama daerah di Jakarta yang menggunakan kata kebon. Seperti misalnya peta Platte Grond van Batavia terbitan tahun 1906 yang menuliskan adanya nama daerah Kebon Sirih, Kebon Manggis.  Selain itu, buku Lijst Plaatsnamen in Nederlandsch-Indie yang terbit tahun 1911 menyebutkan adanya nama Kebon Kelapa, Kebon Jeruk.



Komentar

Postingan Populer